Memacu Industri Farmasi dan Alat Kesehatan

slider1-800x410

Menurut Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin, Muhammad Khayam, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk mewujudkan kemandirian industri obat dan alat kesehatan di Indonesia, serta mendorong sektor ini agar dapat menjadi pemain utama dan tuan rumah di negeri sendiri.

Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Tujuan Inpres tersebut adalah untuk menciptakan kemandirian industri farmasi dan alat kesehatan nasional, sehingga masyarakat memperoleh obat dengan mudah, terjangkau, dan berkesinambungan.

“Saat ini, pemerintah mendorong industri farmasi nasional untuk terus membangun struktur yang lebih dalam dan terintegrasi, sehingga mampu menghasilkan produk-produk dengan inovasi baru dan bernilai tambah tinggi,” papar Khayam.

Guna mencapai sasaran itu, Khayam menjelaskan, diperlukan iklim usaha yang kondusif, dengan didukung ketersediaan bahan baku dan penguasaan teknologi.

Lebih lanjut, pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 16 Tahun 2020 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Produk Farmasi. Melalui penerapan aturan ini, penghitungan TKDN produk farmasi tidak lagi memakai metode cost based, melainkan dengan metode processed based.

Penghitungan nilai TKDN produk farmasi yang berdasarkan pada processed based, dilakukan dengan pembobotan terhadap kandungan bahan baku Active Pharmaceuticals Ingredients (API) sebesar 50%, proses penelitian dan pengembangan sebesar 30%, proses produksi sebesar 15% serta proses pengemasan sebesar 5%.

sumber: https://www.neraca.co.id/article/140555/memacu-industri-farmasi-dan-alat-kesehatan

Posted in

prokalib

Artikel Terkait

Turbidimeter merupakan alat yang lazim digunakan dalam dunia industri, alat ini digunakan…

Rol meter (roll meter) adalah alat ukur dimensi yang banyak digunakan hampir…

Gas Detector merupakan alat penunjang pekerjaan yang sangat krusial yang harus dimiliki…

Flowmeter adalah alat ukur kecepatan aliran dan volume / total massa dari…

Coordinate Measuring Machine atau yang lebih sering disingkat dengan CMM merupakan alat…